Kondisi Perdagangan di Indonesia

TEMPO Interaktif, Jakarta:Membaiknya perekonomian global serta stabilitas politik yang relatif aman selama pemilu memberikan harapan tinggi akan peningkatan perdagangan internasional Indonesia. Hal ini terlihat dari hasil survei tingkat kepercayaan perdagangan yang diadakan perusahaan jasa kurir DHL bekerja sama dengan CastleAsia.

Survei yang dilakukan terhadap 100 responden ini mewakili tujuh kelompok eksportir dan tujuh kelompok importir, antara lain sektor migas, makanan dan minuman, mesin dan alat pengangkutan, bahan mentah dan hasil-hasil industri. Di semua kelompok tersebut, baik ekspor maupun impor, ekspektasi perdagangannya menunjukkan peningkatan.

Manajer Komunikasi DHL Edi Prayitno, mengatakan harapan ekspor tahun depan mengalami peningkatan sebesar 52 persen. Sementara yang menganggap akan terjadi stagnasi sebesar 37 persen. “Sedangkan ekspektasi ekspor ordernya rendah hanya 11 persen,” ujarnya di Jakarta, Kamis (7/10).

Menurut Edi, faktor yang mempengaruhi terhadap harapan peningkatan perdagangan, antara lain harga bahan baku yang kompetitif, kondisi politik yang relatif aman, serta biaya kredit atau pendanaan yang mulai membaik. Dari beberapa faktor tadi, yang sangat berdampak terhadap peningkatan ekspor adalah biaya pendanaan sebesar 29 persen. Demikian juga yang mempengaruhi impor sebesar 26 persen.

Edi mengatakan, kebanyakan yang mempunyai ekspektasi rendah adalah para pelaku usaha besar yang melihat perkembangan tingkat bahan baku yang mulai naik dan biaya perkreditan yang kurang baik. “Tapi untuk perusahaan-perusahaan kecil mereka lebih tahan banting,” kata Edi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: