TUGAS PASCAL 2

1)      Mengubah derajat temperatur, dari derajat Celcius ke derajat Fahreinheit dan Reamur (derajat Celcius diinput)

Jawab :

Program Suhu;

Uses crt;

Var C, F, R: Real;

begin

Clrscr;

write(‘Suhu Celcius  = ‘); readln(C);

writeln;

R:=4/5*(C-32);

writeln(‘Reamurnya       = ‘, R:5:1);

writeln;

F:=9/5*(C-32);

writeln(‘Fahrenheitnya   = ‘, F:5:1);

readln;

end.

OUTPUTNYA ADALAH:

suhu celcius = 9

reamurnya = -18,4

fahrenheitnya = -41,4

2)      Menghitung Luas dan Keliling lingkaran, dengan jari-jari diketahui (diinput).

Jawab :

Program Lingkaran

uses crt;

Var Keliling, Luas, J: Real;

begin;

clrscr;

writeln(‘MENGHITUNG LUAS DAN KELILING LINGKARAN’);

writeln(‘———————————————————————–‘);

writeln;

write(‘Masukkan jari-jari yang diketahui : ‘); Readln(J);

writeln;

Luas:=3.14*J*J;

writeln(‘Luasnya         : ‘, Luas:9:2);

writeln;

keliling:=2*3.14*J;

writeln(‘Kelilingnya : ‘, keliling:9:2);

readln;

end.

OUTPUTNYA ADALAH:

menghitung luas dan keliling lingkaran

————————————————————-

masukan jari-jari yang di ketahui =:10

luasnya  : 314,00

kelilingnya :62,80

3)      Menghitung Luas dan Keliling segitiga sembarang yang diketahui ke tiga sisinya.

Jawab :

Program segitiga;

uses crt;

var

alpha,a,b,c,luas : real;

begin

clrscr;

writeln(’program mencari luas segitiga sembarang’);

writeln;

write(’besarnya alpha ? ’);

readln(alpha);

write(’besarnya b ? ’);

readln(b);

write(’panjang c ? ’);

readln(c);

a := sqrt(sqr(b) + sqr(c) -2 * b * c *cos(alpha / 57.2958));

luas := 0.5 * b * c * sin(alpha / 57.2958);

writeln;

writeln(’panjang sisi a = ‘,a:8:2);

writeln(’luas segitiga = ‘,luas:8:2);

readln;

end.

OUTPUTNYA ADALAH :

program mencari luas segitiga sembarangnya

besarnya alpha? 100

besarnya b? 40

panjang c? 60

panjang sisi a = 77,68

luas segitiga = 1181,77

4)      Mencari nilai Sinus, Cosinus, dan Tangen dengan sudut diinput.

Jawab :

Program Aritmatika;

uses crt;

var Y: integer;

begin

clrscr;

GOTOXY(I5,9)

Write(‘Masukkan nilai dari Y : ‘); readln(Y);

writeln;

GOTOXY(17,10);

Write (‘- Sinus : ‘, SIN(Y):9:3);

writeln;

GOTOXY(17,11);

Write(‘- Cosinus : ‘, COS(Y):9:3);

writeln;

GOTOXY(17,12);

write(‘- Tangen : ‘, ARCTAN(Y):9:3);

readln;

end.

OUTPUTNYA ADALAH :

               Masukan nilai dari Y : 45

               * sinus : 0,851

                * cosinus : 0,525

                 * tangen : 1,543

5)      Mencari akar dan kuadrat dari suatu nilai (nilai diinput).

Jawab :

Program matematika;

uses crt;

Var X: integer;

begin

clrscr;

write(‘Masukkan nilai dari X : ‘); readln(X);

writeln;

writeln(‘Pangkat’);

writeln(‘———-‘);

writeln(‘Nilai X dipangkatkan : ‘, SQR(X));

writeln;

writeln(‘Akar’);

writeln(‘——‘);

writeln(‘Nilai X diakarkan       : ‘, SQRT(X):1:0);

readln;

end.

OUTPUTNYA ADALAH :

masukan nilai dari X : 70

pangkat

——–

nilai X yang di pangkatkan : 4900

akar

—-

nilai X dia akarkan : 8

6)      Mencari nilai bulat dan pecahan dari suatu nilai yang dimasukkan melalui keyboard (diinput). Nilai pecahan tersebut dibulatkan sampai 3 angka dibelakang koma (,)

Jawab :

Program Bilangan;

uses crt;

Var J: Real;

begin

clrscr;

write(‘Masukkan Nilai J : ‘); readln(J);

writeln;

writeln;

writeln(‘Bilangan bulatnya  : ‘, INT(J):5:2);

writeln;

writeln(‘Bilangan Pecahan   : ‘, FRAC(J):5:3);

readln;

end.

OUTPUTNYA ADALAH :

masukan nilai J : 90

bilangan bulatnya : 90,00

bilangan pecahannya : 0,000

7) Tampilkan nama dan NPM anda di dalam window, dan terletak pada tengah-tengah layer

            uses crt;

var nama,npm :string;

i:integer;

begin

clrscr;

gotoxy(26,22);

write(‘masukan nama anda=’);readln(nama);

gotoxy(27,23);

write(‘masukan npm=’);readln(npm);

readln;

end.

OUTPUTNYA ADALAH :

 

 

                      masukan nama anda : jonathan

                         masukan npm : 31108086

8)       Tampilkan tulisan ‘STMIK GUNADARMA’ di dalam window pada pojok kanan atas dengan ukuran window sama dengan tulisan tersebut.

 

OUTPUTNYA ADALAH :

                                                            ‘STMIK GUNADARMA’

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: